REI Dukung Program Sejuta Rumah, Begini Geliat Rumah MBR Sumsel - JuangNews

REI Dukung Program Sejuta Rumah, Begini Geliat Rumah MBR Sumsel

Palembang – Pameran Perumahan Realestat Expo yang berlangsung di Palembang Square (PS) Mall berakhir Senin, (18/10/2016) kemarin. Sejak berlangsung 24 April ini, pameran yang diadakan DPD Realestat Indonesia (REI) Sumsel ini tercatat transaksi mencapai Rp75 miliar.

Ketua DPD REI Sumsel, Harriadi Benggawan, didampingi Sekretaris, H. Bagus Pranajaya mengatakan, saat ini daya beli masyarakat masih rendah. Alhasil, transaksi masih tetap stagnan dibanding pameran sebelumnya.

“Mayoritas yang terjual juga FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan),” katanya.

Meski begitu, jika dilihat dari antusiasme pengunjung, pameran kali ini juga ramai. Banyak yang mengaku tertarik namun tidak langsung melakukan transaksi. Mereka terlebih dahulu melihat lokasinya.

Menurutnya, masyarakat memang cenderung menahan dananya. Sebab, saat ini sudah mendekati waktu liburan dan persiapan anak-anak sekolah ataupun kuliah. Oleh karena itu, pada semester kedua mendatang, ia yakin penjualan properti akan meningkat lagi.

“Kita juga siapkan pameran selanjutnya Oktober atau November nanti,” tuturnya.

Sebenarnya, kata Harriadi, developer sudah terbantu dengan beberapa kebijakan dari pemerintah. Contohnya perizinan yang dipermudah dan suku bunga rendah.

“Bahkan, kami juga menunggu wacana penurunan suku bunga kredit konstruksi di bawah dua digit,” bebernya.

Dengan berbagai faktor tersebut, bukan tidak mungkin target terjual 12 ribu unit rumah didapatkan pada 2016 ini. Untuk diketahui, dari target tersebut, sektor FLPP mendominasi dengan target terjual sebanyak 10 ribu unit dan komersil sebanyak 2 ribu unit.

Sebelumnya di Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono berharap capaian penyediaan perumahan MBR 2016 lampaui tahun lalu, hal ini diungkapkan saat membuka acara “Indonesia Properti Expo” yang diselenggarakan oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN) di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (13/8/2016) lalu.

Saat membuka acara tersebut Menteri Basuki berharap agar penyediaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun ini dapat melampaui penyediaan perumahan tahun lalu yang hanya mencapai 690.000 unit.

“Dalam rangka penyediaan bagi MBR pada 2015, paling sedikit disediakan 690.000 unit rumah, ini semua karena REI, BTN dan semua pihak yang terlibat bukan hanya karena Kementerian PUPR,” kata Menteri Basuki.

Basuki menyampaikan bahwa hingga Agustus lalu sudah menyediakan sekitar 400.000 unit rumah.

“Tahun ini hingga Agustus sesuai laporan Pak Maurin (Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR) dan Pak Syarif (Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR), kita sudah menyediakan sekitar 400.000 unit rumah,” katanya.

Menurutnya, kalau pada Agustus saja sudah bisa menyediakan 400.000 unit rumah, maka pada akhir 2016 pencapaiannya bisa melebihi tahun lalu.

Menteri Basuki mengatakan bahwa pencapaian penyediaan perumahan bukan sekedar mengejar target tapi karena memang rumah dibutuhkan oleh MBR.

“Indonesia Properti Expo BTN ini tiap tahun capaiannya meningkat, tahun lalu mencapai Rp 3 triliun dan tahun ini targetkan mencapai 4,5 triliun, dan semoga target tersebut tercapai,” ucapnya.

Di sela-sela acara pembukaan Menteri Basuki menyaksikan penandatangan kerjasama penyediaan perumahan bagi karyawan antara Bank BTN dengan Perumnas, PT Jasa Marga, PT Wika, BMKG, dan lainnya. Menteri Basuki juga mengalungkan tanda peserta kepada peserta Program Mini MBA. Program Mini MBA merupakan program kerjasama antara Bank BTN dan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menghasilkan developer yang berkualitas.

“Saya percaya ITB dapat menyediakan SDM khususnya generasi muda sehingga bisa menjadi developer yang tangguh,” kata Menteri Basuki.

Direktur Utama PT Bank BTN, Maryono mengatakan target transaksi Indonesia Properti Expo 2016 senilai Rp 4,5 triliun. Sementara di 2015 nilai transaksi Indonesia Properti Expo mencapai Rp 3 triliun.

Pameran Properti Expo ini dilakukan secara rutin setiap tahun dan Indonesia Properti Expo 2016 merupakan penyelenggaran yang ke 27. Tema pameran Indonesia Properti Expo 2016 adalah “Pesta KPR BTN”, dengan tema tersebut BTN memberikan 17 kemudahan diantaranya bunga yang diturunkan di luar bunga KPR subsidi kurang lebih sampai 7,1 persen, kemudian jangka waktu KPR bisa sampai mencapai 25 tahun, diskon asuransi 20 persen dan lainnya.

Pameran Indonesia Properti Expo 2016 yang berlangsung dari 13-21 Agustus tersebut diikuti oleh 305 developer, menampilkan 710 proyek properti dan 111 developer diantaranya menampilkan proyek perumahan FLPP. Lokasi proyek properti yang ditampilkan dari Sabang sampai Merauke. Seperti dari Aceh, Jabodetabek, Balikpapan, Papua, Lombok dan lainnya. [Hamdani/Rel]

Publisher : Hamdani