PORSENI Kemenag Bireuen, Ajang Menjaring Peserta Yang Berkualitas - JuangNews

PORSENI Kemenag Bireuen, Ajang Menjaring Peserta Yang Berkualitas

Bireuen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen kembali menggelar Porseni, Pekan Olah Raga dan Seni yang diikuti oleh 2.253 peserta yang berasal dari berbagai tingkatan madrasah.

Porseni tingkat Kabupaten dilaksanakan untuk menjaring atlet atau peserta yang berkualitas, memiliki daya saing yang tinggi, yang bisa diandalkan saat menghadapi even Porseni tingkat Provinsi Aceh yang bakal dilaksanakan di Kota Subulussalam.

Kepala kantor Kemenag Kabupaten Bireuen, Zulkifli Idris, dalam kata sambutannya saat membuka Porseni di lapangan MAN 2 Bireuen, Senin (15/1/2018) mengingatkan bahwa kuantitas bukanlah satu-satunya, tetapi kualitas harus menjadi nomor satu.

Jumlah siswa madrasah di Bireuen tergolong banyak dibandingkan dengan madrasah di Kabupaten lain di Provinsi Aceh.

“Kita memiliki 108 Madrasah, 73 di antaranya madrasah negeri yang terdiri dari 55 tingkat ibtidaiyah, 11 tingkat tsanawiyah dan tujuh tingkat aliyah, selebihnya adalah madrasah swasta,” katanya.

Dia melanjutkan, kuantitas harus berbanding lurus dengan kualitas yang nantinya akan dibuktikan dengan hasil perlombaan dan pertandingan berbagai cabang dalam Porseni.

“Karena itu diperlukan perhatian khusus untuk para peserta mulai dari menggali bakat, mengasah dan membina bakat, hingga sampai saatnya menguji bakat,” tambahnya.

Informasi yang diperoleh dari ketua panitia Porseni, Azhary MPd, ada beberapa cabang yang diperlombakan pada Porseni tahun 2018 ini, untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) lomba pidato, azan, hafidh, MTQ, kaligrafi, rebana, cerdas cermat, bola kaki, dan atletik.

Sementara untuk tingkat MTs, cabang MTQ, tahfidh 10 juz, kaligrafi, rebana, pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab -red), cerdas cermat, hadrah, tenis meja, bulu tangkis, bola volly dan atletik.

Sementara jenjang MA, MTQ, syarhil qur’an, kaligrafi, puisi, qiraatul qutub, pidato tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab-red), cerdas cermat, fahmil qur’an, cipta puisi kandungan al-qur’an, debat islamiah, madrasah singer, tenis meja, bulu tangkis, bola volly dan atletik.

Di samping itu lanjut Azhary, tidak ketinggalan juga para karyawan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen juga ikut andil dalam perhelatan ini. Kegiatan yang akan diikuti antara lain tenis meja, bulu tangkis, bola volly dan futsal. [Hamdani]

Publisher : Hamdani