Politeknik Negeri Lhokseumawe Sukses Menggelar Konferensi Internasional di Sabang - JuangNews

Politeknik Negeri Lhokseumawe Sukses Menggelar Konferensi Internasional di Sabang

Sabang – Ratusan peneliti dari berbagai kampus terkemuka di Indonesia seperti Insitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (Unibraw), Universitas Syiah Kuala (Unsyah) Banda Aceh, serta dari Kamboja dan Malaysia hadir ke Pulau Weh Sabang. Kehadiran ratusan peneliti ini untuk mengikuti agenda besar yang bertajuk International Conference on Science and Innovated Engineering (I-COSINE) yang digelar selama dua hari 21-22 Oktober 2018 oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL).

Informasi yang diterima juangnews.com dari Ir. Jufriadi, MT yang merupakan wakil ketua pelaksana pada Senin, (22/10/2018), kegiatan bertaraf internasional tersebut, kegiatan itu melibatkan lima pembicara dari lima negara, yakni Malaysia, Thailand, India, Vietnam, dan Indonesia. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut menurut Jufri adalah, “Embracing Innovatie Engineering Technologies Towards Sustainable Future”.

“Ada lima negara yang kami libatkan dalam kegiatan ini, kegiatan seminar ini untuk memberikan tambahan wawasan dan diskusi, bertukar informasi antara peneliti, akademisi, mahasiswa dan praktisi di bidang industri.  Adanya kegiatan seminar ini akan mewadahi isu-isu ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang di masyarakat dunia,” kata dosen PNL Jurusan Teknik Mesin ini.

Lanjut Jufriadi, kegiatan ini diikuti diikuti oleh dosen, mahasiswa dan profesional dari berbagai negara. Peserta kegiatan ini adalah akademisi baik itu dosen, mahasiswa atau profisonal di bidang masyarakat dan industri dari berbagai negara lingkup international. Kegiatan seminar ini melibatkan representatif dari berbagai negara, sehingga bahasa resminya kan dipakai Bahasa Inggris International Conference dapat mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals, yang akan berdampak pada peningkatkan inovasi,” papar Jufri.

Sebelumnya pada saat melakukan pidato sambutaan untuk pembukaan pada Minggu, (21/10/2018) malam, Direktur PNL Ir. Nahar, MT yang diwakili Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan Rizal Syahyadi, ST.,M.Eng.Sc mengatakan, bahwa kegiatan I-COSINE ini adalah bentuk komitmen PNL dalam penyelenggaran kegiatan penelitian.

“Kegiatan I-COSINE ini adalah bentuk komitmen kami, hal ini tercermin secara eksplisit pada salah satu tujuan dari Statuta PNL, yaitu mengembangkan penelitian yang bersifat baik penelitian dasar maupun terapan yang diharapkan dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh Masyarakat, bangsa dan Negara dan dipublikasikan berupa proseding kegiatan seminar  yang terindek scopus,” ungkap dosen Jurusan Teknik Sipil ini.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Kota Sabang juga menyambut baik agenda kegiatan I-COSINE yang melibatkan lima negara ini, setidaknya hal ini terungkap dari pidato Walikota Sabang Nazaruddin yang diwakili Asisten II Bidang Administrasi Umum Drs. Kamaruddin. Dalam sambutannya Kamaruddin mengatakan sangat gembira dan berterimakasih kepada PNL yang telah bersedia memilih Sabang sebagai tempat pelaksanaan konferensi internasional tersebut.

“Kami jajaran Pemerintahan Kota Sabang mengucapkan selamat datang kepada para tamu dari lima negara yang telah hadir pada kegiatan ini, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada PNL yang telah sudi memilih kota kecil kami sebagai tempat penyelenggara kegiatan yang bertaraf internasional ini. Kagiatan ini juga akan menjadi promosi buat kami untuk menunjang parawisata Sabang. Sekali lagi, kami sangat gembira dengan kegiatan ini,” sebut Kamaruddin.

Sementara itu, usai penutupan kepada media ini Pudir III PNL Rizal Syahyadi, mengabarkan bahwa kegiatan serupa akan menjadi agenda tahunan PNL, menurut pria berkacamata ini, tahun depan kegiatan konferensi internasional ini akan dilaksanakan di Malaysia, “ya, kita tahun depan merencanakan akan menggelar event ini di Malaysia. Insya Allah, mudah-mudahan akan bisa terlaksana,” harapnya.[Hamdani]

Publisher : Hamdani