Pendemo Buru Tongkat Komando Kapolresta Banda Aceh untuk Swafoto - JuangNews

Pendemo Buru Tongkat Komando Kapolresta Banda Aceh untuk Swafoto

Banda Aceh-Pemandangan indah terpampang saat demonstran dan polisi sangat dekat dan kompak dalam aksi demo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) di Banda Aceh, Jumat (4/11/2016).

Kapolresta Banda Aceh Kombes T Saladin menjadi idola. Ia diburu peserta aksi untuk foto bersama ataupun swafoto sambil memegang tongkat komando.

Lantas, apakah ini cara pak Kapolresta meredam aksi massa agar tidak memanas? “Bukan, bukan. Ini komunikasi (persuasif),” kata Saladin sambil tertawa saat dikonfirmasi detikcom.

Aksi massa 4 November di Banda Aceh Aceh diawali dengan long march berjalan kaki dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh menuju gedung DPRA. Letaknya sekitar satu kilometer. Di lokasi, massa sempat berzikir dan berdoa bersama dipimpin Pimpinan Majelis Zikrullah Aceh Teungku Samunzir.

Massa duduk bersila di teras DPRA. Massa yang terdiri dari berbagai ormas Islam dan mahasiswa ini khusyuk melantunkan zikir. Kapolresta Saladin ikut berbaur bersama peserta aksi. Ia duduk berdekatan dengan pimpinan zikir.

Menjelang aksi berakhir, makin banyak massa yang memburunya. Ia berdiri di tengah kerumunan massa dan melayani setiap massa ingin mengabadikan momen bersamanya. Lagi-lagi, tongkat komando berpindah tangan. Topi yang dikenakannya juga ikut dipakai beberapa massa untuk foto.

“Kita hari ini menurunkan personel untuk melakukan pengamanan sebanyak 120 personel polisi dan Polwan,” jelas Saladin. [dtc]

Publisher : Farid