Komunitas Olahraga Bireuen dan Juang News Bantu Pengungsi Rohingya - JuangNews

Komunitas Olahraga Bireuen dan Juang News Bantu Pengungsi Rohingya

Aceh Utara – Sebagai wujud dari rasa solidaritas sesama muslim, komunitas olahraga, Pegawai Dinas Pemuda, Olah raga dan Pariwisata (Disporar) Kabupaten Bireuen dan manajemen Juang News menyerahkan bantuan kepada muslim Rohingya, Sabtu, (23/5/2015) di posko TPI Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara.

Bantuan tersebut diantar langsung ke lokasi penampungan dan diserahkan melalui ralawan di posko. Bantuan yang diserahkan tersebut berupa Alquran, Iqrak, mainan anak-anak, pembalut wanita, snack ringan, peralatan olah raga,  perlengkapan mandi, beras dan pakaian anak-anak.

Amarullah, koordinator di posko TPI Kuala Cangkoi kepada juangnews.com mengatakan persediaan kebutuhan pokok, mencukupi untuk beberapa hari ke depan. Sedangkan pakaian para pengungsi yang berjumlah 332 jiwa, dimana laki-laki 141 jiwa dan perempuan 91 jiwa serta anak-anak 90 jiwa sudah mencukupi dalam sementara waktu.

“Yang masih kurang dan sangat dibutuhkan saat ini adalah bahan-bahan bacaan antara lain Iqrak, Al Quran. Kemudian mukena serta peralatan olahraga untuk mengisi kegiatan luang mareka. Selanjutnya mainan anak-anak dan snack-snack ringan,” ujar relawan LPSM Aceh Utara tersebut

Pantauan media ini, kondisi pengungsi muslim Rohingya yang keluar dari negaranya untuk mencari suaka dengan mempertaruhkan nyawa hingga terdampar di perairan Aceh terlihat mulai membaik. Hal ini terlihat dari raut wajah para pengungsi yang mulai ceria, tenang yang seakan tak ingin kembali ke negaranya.

Mareka terlihat melaksanakan shalat dhuhur berjamaah dan pengajian bersama yang dipimpin oleh anggota Front Pembela Islam (FPI), Sabtu (23/5/2015) siang. Para pengungsi wanita kebanyakan istirahat dalam ruangan gedung TPI Kuala Cangkoi, sedangkan anak-anak sibuk bermain bersama dengan permainan alakadarnya.

Banyak pihak menaruh perhatian terhadap pengungsi Rohingya, salah satunya Nilawati, S.Pd, Guru SMP Negeri 1 Syamtalira Aron. Kepada juangnews.com meyampaikan kedatangannya untuk mengunjungi saudara muslim Rohingya sambil mengantar bantuan dari siswa-siswi SMPN 1 Syamtalira Aron.

Menurut Nilawati yang merupakan guru matematika ini, sumbangan itu sebagai dukungan moral yang diberikan kepada saudara dari muslim Rohingya. Apa yang diberikan hanya sekedar saja.

“Saya sangat prihatin dengan kondisi Etnik Rohingya, dan sangat mengharapkan Pemerintah Pusat serta Pemerintah Aceh untuk mengizinkan mereka menetap di Aceh. Insya Allah saya haqul yakin masyarakat Aceh sangat terbuka dalam menerima dan membantu mareka,” kata Nilawati. [Farid Maulana]

Editor : Hamdani

Foto : Penyerahan bantuan (foto/farid)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *