Kata Kepala Arpus Aceh Timur, Arsip Desa Aset Awal Daerah - JuangNews

Kata Kepala Arpus Aceh Timur, Arsip Desa Aset Awal Daerah

Aceh Timur -Arsip Desa merupakan aset yang berharga, arsip merupakan warisan yang cukup tinggi nilainya untuk generasi mendatang yang perlu dipelihara serta dilestarikan. Keberadaan arsip merupakan suatu hal yang sangat penting untuk sejarah masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Oleh karena itu, segala bentuk arsip yang berada di desa harus tetap terpelihara dan terjaga sebagai sebuah pembuktian maupun sejarah yang pernah terjadi di desa tersebut untuk generasi berikutnya.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mencoba mengambil bagian melalui program sosialisasi penyuluhan kearsipan, dengan harapan akan ada perubahan terhadap kelangsungan pengelolaan arsip yang ada di desa agar bisa dikelola dengan baik dan benar.

Berdasarkan dengan hal tersebut, Pemerintah Aceh Timur melalui Kantor Arpus Daerah mengadakan  Acara Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan untuk sekretaris desa dalam Kabupaten Aceh Timur.

Informasi yang diperoleh media ini Selasa, (9/6/2015) tahap pertama diikuti sebanyak 50 peserta, yakni para sekretaris desa yang berasal dari Kecamatan Simpang Jernih 8 orang, Kecamatan Birem Bayeun 27 lrang, Rantau Selamat 14 orang dan Kecamatan Sungai Raya 1 orang.

Subki, SE selaku Kepala Arpus Aceh Timur menjelaskan pada juangnews.com, kegiatan ini akan terus berlanjut, dimana setiap tahapannya akan dihadirkan para sekretaris desa yang berasal dari empat kecamatan dan begitu seterusnya, sampai dengan Kecamatan Madat.

“Namun mengingat keterbatasan dana yang ada, menurut Subki tidak setiap sosialisasi dilaksanakan di Aula Kantor Arpus Aceh Timur, akan tetapi sosialisasi ini akan dilaksanakan di aula kantor Kecamatan misalnya untuk Kecamatan Simpang Ulim, Madat, Pante Bidari dan Julok akan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Simpang Ulim,” jelas Subki.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Moch. Mukhtar, M.AP dalam kata sambutanya ketika membuka acara Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan Bagi Para Sekretaris Desa ini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (9/6/2015) merupakan suatu kegiatan yang sangat baik untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dibidang kearsipan.

Disamping itu kata dia, pembinaan teknik kearsipan bagi sekretaris desa juga bisa menciptakan masyarakat di pedesaan untuk mengenal, memahami dan mencintai kearsipan, sehingga program dan kegiatan harus dikemas secara lebih kongkrit agar dipahami oleh masyarakat pedesaan dan sekaligus pula akan memberikan dampak yang sangat positif bagi pengelolaan arsip untuk Sekretaris Gampong yang ada di Kabupaten Aceh Timur. [Roby Sinaga]

Editor : Hamdani

Foto : Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Moch. Mukhtar, M.AP sedang menyerahkan perlengkapan sosialisasi kepada perwakilan peserta secara simbolis di Aula Kantor Arpus Aceh Timur (foto/roby)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *