Gandapura Lokasi PBL Mahasiswi DIII Kebidanan Umuslim - JuangNews

Gandapura Lokasi PBL Mahasiswi DIII Kebidanan Umuslim

Bireuen – Sebanyak 127 mahasiswiProgram  Diploma Kebidanan Universitas Almuslim Peusangan Bireuen  melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di 16 desayang ada di Kecamatan Gandapura.

Menurut Direktur Diploma III Kebidanan Umuslim Nurhidayati, MPh kepada Juangnews.com  pada Kamis (12/06/2014), tujuanpenempatan mahasiswi ini ke desa adalah dalam rangka untuk melaksanakan suatu praktek Belajar lapangan (PBL) sesuai dengan tuntutan mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas.

Nurhidayati mengatakan, ”Praktek Mata Kuliah Asuhan  Kebidanan Komunitas adalah merupakan satu mata kuliah wajib bagi mahasiswi akademi kebidanan yang telah duduk disemester IV dan mereka selama praktek tersebut wajib tinggal di desa,” jelas alumni Universitas Gajah Mada ini.

Selanjutnya menurut Nurhidayati, mahasiswi akan berada di desa selama satu bulan mulai 27 Mei  2014 sampai27 Juni 2014, dan setelah selesai praktek di desa mereka diwajibkan untuk membuat laporan.

Sepulangnya dari  Praktek Belajar Lapangan (PBL) ini mahasiswi diharapakan akan mampu mempraktekkan manajerial asuhan kebidanan di komunitas, mengerakkan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga kesehatan masyarakat khusunya ibu dan anak, serta mahasiswi mampu dan sanggup mengelola tentang program KIA-KB di wilayah praktek masing-masing.

Jelas Nurhidayati, “praktek ini juga sebagai sebuah implementasi daripada Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu Darma Pengabdian Masyarakat,” katanya di Kantor Camat Gandapura usai acara penyerahaan mahasiswa pada geuchik masing-masing lokasi praktek tersebut.

[Hamdani]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *