Forum KAK Minta Pemerintah Aceh Perhatikan Anak Korban Konflik - JuangNews

Forum KAK Minta Pemerintah Aceh Perhatikan Anak Korban Konflik

Banda Aceh – Sudah lebih sepuluh tahun perdamaian Aceh terwujud, ditandai dengan penandatanganan MoU antara GAM dan Pemerintah Indonesia di Helsinki Finlandia. Banyak masalah yang masih menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Aceh dalam merealisasikan perdamaian tersebut. Salah satunya kesejahteraan anak-anak korban konflik yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi hal ini seakan terabaikan. Hal ini diungkapkan Koordinator Forum Keadilan Anak Konflik (KAK) Bustamam Abdul Wahab pada juangnews.com Kamis, (11/2/2016).

“Permasalahan tersebutlah yang menjadi dasar kami membentuk Forum Keadilan Anak Konflik (KAK). Forum KAK ini sudah terbentuk di 15 kabupaten/kota seluruh Aceh,” kata Bustamam

Adapun kabupaten/kota yang sudah dibentuk Forum KAK menurut Bustamam adalah, Kabupaten Bireuen, Aceh Utara, Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Serta Sabang.

“Kami telah berkoordinasi untuk bersama-sama menuntut hak anak-anak korban konflik yang selama ini dikesampingkan oleh pemerintah. Kami meminta pihak-pihak terkait agar memperhatikan anak korban konflik yang selama ini terlantar dan jauh dari kata sejahtera,” ungkap Bustamam.

Menururnya anak-anak korban konflik butuh pendidikan agar mampu mensejahterakan diri dan keluarganya kelak, dan semua itu butuh perhatian dari Pemerintah. Jika ini tidak direalisasikan, ditakutkan akan  terjadi konflik baru di Aceh oleh anak-anak yang kecewa terhadap Pemerintah Aceh.

“Bangunlah wahai Gubernur dan DPRA sebagai pemegang kebijakan dan pemimpin kami, anak korban konflik juga merupakan Aneuk Nanggroe yang memiliki hak untuk sejahtera, apabila kepedulian tersebut tidak lagi dimiliki, bagaimanakah bapak-bapak akan mempertangung jawabkan jabatan tersebut dihadapan Allah kelak?” pungkas Bustamam dengan nada suara bergetar. [Hamdani]

Publisher : Hamdani