Dr. Endang Samsul Arifin: Gelar Doktor Ini Kupersembahkan Untuk Orangtua - JuangNews

Dr. Endang Samsul Arifin: Gelar Doktor Ini Kupersembahkan Untuk Orangtua

Dr. Endang Samsul Arifin patut bernafas lega, karena perjuangan beratnya selama ini untuk meraih gelar doktor telah berbuah manis. Menurut pria kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 25 September 1981 ini, semua perjuangan berat berhasil ditempuh berkat dukungan kedua orangtuanya.

“Pendidikan tertinggi dengan gelar Doktor yang telah berhasil saya raih ini merupakan jasa besar kedua orangtua saya Ayahanda KH.Drs.Cecep Zainal Arifin,M.Pd dan Almh.Hj.Nurlatifah yang telah mendidik dan mensupport saya selama ini,” kata anak ketiga dari empat bersaudara yang khusus menghubungi juangnews.com Senin, 2 Januari 2017 kemarin.

Karena kecintaan kepada orangtuanya itulah, lanjut pria yang berprofesi sebagai dosen tetap yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL), Jurusan Tata Niaga, Program Studi (Prodi) Keuangan Perbankan Syariah (KPS) ini mengatakan jadwal Sidang Terbuka Ujian Promosi Doktornya mepet ke tanggal 31 Desember 2017.

“Karena memang sengaja saya undur waktunya. Saya sangat ingin acara tersebut dihadiri oleh ayah saya yang baru saja pulang ke Indonesia dari Tanah Suci Mekkah pada tanggal 30 Desember 2016. Saya sangat ingin ayah saya hadir, saya ingin membuat ayah saya bangga. Meskipun kegembiraan itu kurang, karena tanpa kehadiran ibu saya yang sudah wafat sekitar empat tahun yang lalu, tapi saya yakin pada hadits Rasul yang menyampaikan bahwa diantara pahala yang terus mengalir adalah ilmu yang bermanfaat, ilmu yang saya dapatkan ini adalah berkat perjuanganmu ibu,” kata pria yang beralamat di Komplek Cibiru Indah 8-Cileunyi, Bandung, Jabar ini dengan suara bergetar menahan sedih.

Dr. Endang selain beraktifitas di kampus sebagai dosen di Jawa Barat ia juga mengajar di pesantren- pesantren dan berceramah di majelis-majelis pengajian.

Sementara itu menurut Dr. Endang, Sidang Terbuka Ujian Promosi Doktor, pada Sabtu 31 Desember 2016 dengan judul Disertasi, “Kontribusi Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI terhadap Peraturan Perundang undangan dan Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah di Indonesia,dengan Ketua Sidang Prof.Dr.H.Agus Salim Mansyur yang merupakan Direktur Pascasarjana UIN Bandung berhasil dipertahankan di hadapan Tim Penguji sebanyak 7 orang Guru Besar.

Adapun Sidang Terbuka tersebut menurut Dr. Endang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, yang terletak di Jalan Soekarno Hatta Belakang POLDA JABAR, dihadiri sebanyak 100 orang dari berbagai kalangan termasuk dari PNL yang diwakili Edi Abral, M. Si yang merupakan mantan Pembantu Direktur II Bidang Keuangan dan Kepegawaian dan Marjulin, SE.,M. Si Ak yang saat ini sedang menempuh pendidikan Doktor (S3) di Kota Kembang itu.

Menurut Dr. Endang Sidang Terbuka yang di mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 11.30 WIB diuji oleh Prof. Dr. H. Agus Salim Mansyur, Prof.Dr.H.Juhaya S.Praja, Prof.Dr.H.I.Nurol Aen,MA, Prof. Dr.H.Ali Abdurahman, Prof.Dr.HM.Anton Athaillah, Prof.Dr.H.Nurrohman, dan Prof.Dr.Deden Efendi.

“Alhamdulillah, semua berlangsung dengan baik. Wisuda akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2017 mendatang. Selain kepada kedua orang tua saya, saya mempersembahkan gelar ini kepada istri dan anak, juga kepada lembaga tempat saya mengabdi selama ini. Mudah-mudahan ilmu yang saya peroleh ini bermanfaat,” pungkas dosen pertama yang berhasil meraih gelar Doktor di Jurusan Tata Niaga ini. Selamat! [Hamdani]

Publisher : Hamdani