Dosen PNL Lakukan Mekanisasi Peralatan Kerja Pada Usaha Keripik Rumah Tangga di Kota Lhokseumawe - JuangNews

Dosen PNL Lakukan Mekanisasi Peralatan Kerja Pada Usaha Keripik Rumah Tangga di Kota Lhokseumawe

Lhokseumawe – Sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat melakukan mekanisasi peralatan kerja usaha keripik ubi rumah tangga di Kota Lhokseumawe, hal ini diungkapkan Ketua PKM Ir. Zaini,MT pada media ini Senin,(29/7/2019).

Menurut Zaini, keripik ubi adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari ubi jalar. Pangsa pasar keripik masih sangat luas. Usaha keripik ubi saat ini banyak ditekuni oleh masyarakat mulai dari industri rumah tangga sampai industri besar.

“Salah satu industri rumah tangga yang mengolah ubi menjadi keripik adalah usaha keripik ubi ibu Ridna Dewi yang berlokasi di Desa Paloh Batee Kecamatan Muara Dua, Pemkot Lhokseumawe,” kata Zaini.

Lanjut dosen Jurusan Teknik Mesin PNL tersebut, bahwa tahun ini jurusan mereka mendapatkan hibah Pengabdian Kepada Masyarakat dari Kemenristekdikti dengan skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Kegiatan ini ketuanya saya dan beranggotakan Ir. Hanif, MT dan Safaruddin, SE, M. Si. Target dari kegiatan kemitraan masyarakat ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra dalam meningkatkan produktifitas, baik secara kualitas maupun kuantitas,” papar Zaini.

Menurut Zaini kegiatan PKM ini telah berhasil melakukan mekanisasi peralatan kerja pada usaha keripik ubi ibu Ridna Dewi yang berlokasi di Desa Paloh Batee Kecamatan Muara Dua Pemkot Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

“Mekanisasi peralatan kerja berupa implementasi mesin perajang ubi, mesin peniris minyak keripik (spinner), kemasan produk keripik ubi, kuali penggorengan kapasitas besar, dan peralatan kemasan. Melalui mekanisasi peralatan kerja telah mampu meningkatkan produksinya menjadi 50-100 Kg/jam dalam bentuk irisan yang siap digoreng,” ungkap Zaini.

Tambah Zaini, kegiatan ini memberi dampak yang signifikan dalam peningkatan produksi siap jual (sudah digoreng)

“Ada peningkatan produksi mencapai 150 persen. Mitra telah memiliki peralatan kemasan produk dan plastik keripik untuk meningkatkan pemasaran produk,” pungkas Zaini. [Hamdani]

Publisher : Hamdani