Dosen PNL Kembangkan Program Kemitraan Masyarakat untuk Meningkatkan Mutu dan Pengembangan Produk - JuangNews

Dosen PNL Kembangkan Program Kemitraan Masyarakat untuk Meningkatkan Mutu dan Pengembangan Produk

Lhokseumawe – Sejumlah dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) membuat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) untuk meningkatkan mutu dan pengembangan produk berbasis ubi jalar bagi industri skala rumah tangga di Kota Lhokseumawe. Hal ini diungkapkan pelaksana kegiatan PKM tersebut Elwina, ST., MT pada juangnews.com Selasa, (23/10/2018) kemarin.

Menurut Elwina, selain dirinya kegiatan PKM tersebut juga melibatkan dua orang dosen PNL lainnya, yakni Ir. Salmyah, MT dan Lianti, SE., M.Si, “kami tim dalam kegiatan yang kami laksanakan Agustus sampai  September 2018 tersebut. Adapun kegiatan PKM itu kami laksanakan di Komplek Mutiara, Kecamatan Alue Awe, Kota Lhokseumawe,” katanya.

“Yang menjadi mitra dalam kegiatan PKM ini adalah ibu rumah tangga yang bergerak dalam bidang pangan pembuatan produk pangan stik ubi jalar dan telah mendapat izin usaha,” lanjut Elwina.

Kegiatan ini sendiri menurut Elwina dibuat dalambentuk pelatihan bagaimana cara mengembangkan produk, khususnya yang berbahan baku ubi jalar, selanjutnya bahan baku ubi jalar tersebut dibuat jadi berbagai produk kerajinan kue.

“Kami memberikan pelatihan dan pengembangan produk khususnya dengan bahan berbasis atau bahan baku menggunakan ubi jalar. Kemudian produk yang dikembangkan adalah pembuatan brownies, cupcake dan pie ubi jalar,” terang Elwina.

Hebatnya, selain memberikan pelatihan kelompok dosen PNL ini juga memberikan bantuan untuk produksi, sehingga para ibu rumah tangga itu bisa mengembangkan keahlian yang telah mereka terima selama pelatihan.

“Selain pelatihan juga diberikan bantuan untuk produksi berupa oven, mesin pengaduk tepung dan penggiling tepung,” pungkas Elwina yang merupakan dosen PNL di Jurusan Teknik Kimia ini. [Hamdani]

Publisher : Hamdani