DKA Bireuen Laksanakan Seminar Budaya Bireuen - JuangNews

DKA Bireuen Laksanakan Seminar Budaya Bireuen

Bireuen – Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen menyelenggarakan Seminar Khasanah Seni Budaya Bireuen dengan tema ” Peulara Adat, Reusam bek Meutuka”. Parade Seni Budaya Bireuen ini berlangsung 3-5 November 2018. Hal ini diungkapkan Koordinator Acara Seminar Seni Budaya Bireuen, Mirzal Tawi, MKM pada juangnews.com Senin, (5/11/1978).

Narasumber pada kegiatan seminar tersebut menurut Mirzal adalah seniman yang kredibel dibidangnya antara lain, Suburhan, SH , Kabid Bahasa dan Seni Disbudpar, Fikar W. Eda seniman dan penyair nasional yang sudah mendunia dan M.Yusuf Bombang yang dikenal dengan Apa Kaoy.

Semwntara itu Seminar Seni Budaya dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bireuen, DR. H. Muzakkar A.Gani, M.Si. Dalam sambutannya Muzakkar menyampaikan apresiasi kepada panitia dan DKA Bireuen, karena dengan diselenggarakan kegiatan ini kita semua dapat menggali dan mengungkap nilai-nilai budaya yang tidak bisa terlepas dari perilaku kita sehari-hari.

“Seminar budaya menggali nilai-nilai karakter khasanah seni budaya asli Bireuen yang bisa dilestarikan dan dikembangkan sbg ikon dan potensi Bireuen.” tutur Wakil Bupati Bireuen.

“Hidup adalah seni, hidup adalah budaya. Seni Budaya adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Seni budaya di Aceh harus dikembangkan berlandaskan kepada syari’at. Syariat dan budaya lagee zat ngon sifeut.” tambah Muzakkar.

Muzakkar A.Gani melanjutkan bahwa sejak kepengurusan DKA Bireuen yang baru di bawah komando H.Mukhlis, A.Md geliat DKA Bireuen sangat pesat, “ditandai Bireuen masuk empat besar pada perhelatan akbar seni budaya Aceh, Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII di Banda Aceh.” papar Muzakkar.

“Mari kita beri aplaus untuk DKA Bireuen” ajak Wakil Bupati Bireuen yang langsung diikuti aplaus tepuk tangan peserta seminar.

Sebelumnya Plt.Kadisdikpora Bireuen, Drs.M.Nasir, M.Pd dalam laporan panitia menyebutkan bahwa peserta seminar berjumlah 250 orang baik yang mendaftar mandiri dan juga peserta yang difasilitasi oleh DKA.

“Acara seminar ini merupakan satu paket dengan Parade Seni Budaya Bireuen 3-5 November 2018 dalam rangka HUT Bireuen ke 19,” pungkas M.Nasir.

Acara seminar tersebut diawali secara apik dengan penampilan yang luar biasa dari SDN Peusangan Siblah Krueng dengan tarian Cicem Pala Kuneng yang sangat memukau, yang pernah menyabet juara 1 tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Bireuen. [Hamdani]

Publisher : Hamdani