Dinas Pendidikan Pijay Studi Banding Ke SMP Negeri 1 Kuala Bireuen - JuangNews

Dinas Pendidikan Pijay Studi Banding Ke SMP Negeri 1 Kuala Bireuen

Bireuen – Rombongan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari Kabupaten Pidie Jaya Sabtu, (25/4/2015) pagi melakukan studi banding ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1  Kuala. Kedatangan Kadis Pendidikan Pidie Jaya ke SMP yang terletak di Desa Lancok-lancok, Kecamatan Kuala di sambut  rasa haru oleh pihak sekolah dan Kadis Pendidikan Bireuen Nasrul Yuliansyah.

Dalam kunjungannya tersebut, Kadis Pendidikan Pijay Dr.Roeslan A Gani, M.Pd didampingi sejumlah kabid dan sejumlah kepala sekolah yang dibawa langsung dari kabupaten tetangga, kepada juangnews.com mengatakan dirinya sangat puas melihat sejumlah ruang belajar yang ada di SMP Negeri 1 Kuala ini.

Menurutnya studi banding yang di lakukan pihaknya, tak lain adalah ingin melihat secara langsung situasi dan suasana  serta ruang belajar sekolah  SMP Negeri 1 Kuala ini, yang sudah di jadikan sebagai sekolah Moving Class.

“Berdasarkan amatan saya  tadi di kelas, sejauh ini SMP Negeri 1 Kuala sangat baik dan saya juga melihat SMP Negeri 1 Kuala ini mempunyai nilai lebih,”ujar Kadis Pendidikan Pijay Roeslan A Gani.

Roeslan A Gani juga menambahkan, dalam hari ini pihaknya untuk Kabupaten Bireuen hanya melakukan kunjungan studi banding ke SMP Negeri 1 Kuala untuk ke selanjutnya dirinya beserta rombongan akan melakukan kunjungan studi banding ke SMP Negeri Timang Gajah dan MTSN Canang Rata di Kabupaten Bener Meriah.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Kuala Jufri, S.Pd mengatakan sekolah yang ia pimpin berhasil di jadikan sekolah Moving Class di karenakan hasil dari sumbangan dari swadaya masyarakat yang ada di Kecamatan Kuala. Menurutnya ini merupakan murni hasil swadaya dari masyarakat.

“Sekolah ini berhasil di jadikan sekolah Moving Class serta rekomedasi dari lembaga USAID  berkat kerja sama seluruh masyarakat dan bantuan swadaya masyarakat tanpa bantuan dari Dinas P dan K ,”jelas Jufri didampingi Mukim Gampong setempat.

Hanya sekedar informasi, SMP Negeri 1 Kuala dijadikan sekolah yang berhasil menerapkan Moving Class untuk semua kelas yang ada. Moving class atau kelas berpindah adalah suatu program yang mengharuskan siswa-siswi untuk berpindah-pindah dari kelas ke kelas yang lain. Contohnya bila kita sedang di ruangan biologi dan sudah berganti ke pelajaran fisika maka ruangannya pun berpindah. jadi, moving class itu siswanya yang berpindah bukan gurunya yang berpindah .

Sementara itu kepada juangnews.com, Kadis Pendidikan Bireuen Nasrul Yuliansyah, memberikan apresiasi terhadap kerja keras kepada pihak SMP Negeri 1 Kuala, pihaknya mengapresiasikan kerjasama yang baik yang terjalin antara kepala sekolah dengan masyarakat Kecamatan Kuala, sehingga SMP Negeri 1 Kuala direkomendasikan oleh USAID menjadi sekolah Moving Class.

“Kita sambut baik kunjungan Kadis Pendidikan dari Pijay. Saya juga bangga apa yang telah di capai oleh SMP Negeri 1 Kuala, buktinya tanpa bantuan dari kami penerapan Moving Class disini berhasil di semua kelas dan direkomendasi oleh USAID, bukan seperti di sekolah lainnya hanya beberapa kelas saja,”jelas Kadis Bireuen Nasrul Yuliasyah.

Didampingi Kabid Pendidikan Luar Sekolah Jailani, M.Pd Kadis Pendidikan Bireuen juga menyambut baik kunjungan rombongan Kadis Pendidikan Pijay. Ia mengatakan bahwa sampai sekarang pendidikan di Bireuen ternyata masih mempunyai nilai lebih dari daerah lain buktinya hari ini rombongan dari Pijay melakukan studi banding ke Bireuen.

“Alhamdulillah pendidikan kita masih mempunyai nilai lebih dari daerah lain, buktinya hari ini rombongan kadis dari Pijay melakukan studi banding ke Bireuen,”ujar Nasrul Yuliasyah. [Bayu Putra]

Editor : Hamdani

Foto : Kegiatan kunjungan Kadis PK Pijay (foto/bayu putra)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *