Diduga Ada Kecurangan, Edi Obama Tolak Hasil Muscab Ke lV - JuangNews

Diduga Ada Kecurangan, Edi Obama Tolak Hasil Muscab Ke lV

Bireuen– Hasil Musyawarah Cabang (Muscab) ke IV Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bireuen yang diselenggarakan pada hari ini, Kamis (2/11/2017) di Aula Hotel Purnama Raya, Cot Gapu Bireuen dianggap menyalahi aturan. Dan didesak untuk dilakukan pemilihan ulang.

Demikian dilontarkan Sekretaris BPC-Hipmi Kabupaten Bireuen periode 2014-2017, Edi Saputra kepada wartawan di Bireuen usai berlangsungnya Muscab ke IV Hipmi Kabupaten Bireuen.

Menurut Sekretaris Hipmi yang juga pemilik usaha ritel Obama Market Matangglumpangdua ini, ada aturan yang dikangkangi dalam proses pemilihan ketua dan sekretaris pada muscab tersebut.

“Ada aturan yang tersebut dalam AD/ART organisasi dilangkahi. Secara aturan syarat sebagai calon ketua umum di Hipmi adalah harus aktif selama enam bulan dalam kepengurusan dan juga telah mengikuti diklatcab,” terangnya.

Ditambahkannya, Syauqi yang terpilih ini sebagai Ketua BPC-Hipmi Kabupaten Bireuen untuk periode 2017-2020 bukanlah pengurus aktif pada periode sebelumnya.

“Dan apa jadinya kepengurusan Hipmi ke depan jika dijabat bukan dari kader, melainkan pendatang baru untuk mengelola organisasi ini. Terus terang saya tidak dapat menerima hasil muscab yang melanggar atau menyalahi aturan organisasi, apalagi sebagai Ketua Panitia,” imbuh pria yang akrab disapa Edi Obama ini.

Katanya lagi, terpilihnya Syauqi sebagai Ketua dan Ilham Akbar sebagai Sekretaris secara aklamasi, patut diduga adanya kecurangan dilakukan oleh sejumlah oknum yang berkepentingan dalam muscab tersebut.

“Bagaimana bisa sidang musyawarah dilanjutkan tanpa sepengetahuan ketua panitia pelaksana. Sedangkan proses jalan tidaknya acara muscab tersebut mesti difasilitasi panitia dan sepengetahuan ketua panitia pelaksana. Jadi hasil musyawarah tersebut tidak dapat kami terima karena terindikasi terjadinya kecurangan, dan saya meminta untuk dilaksanakan muscab ulang,” timpal Edi Obama dengan nada penuh kecewa terhadap hasil muscab ke IV Hipmi Bireuen.

Sesaat setelah pemilihan, Syauki dan Faisal Hasbalah menjumpai Edi Obama untuk menyampaikan keluhan terkait dengan penyimpangan yang terjadi dalam proses berjalannya Muscab tersebut, dalam keterangannya, syauki mengungkapkan bahwa, dia sangat tertekan dan tidak berdaya, karna ada beberapa titipan, diantaranya titipan dari Ketua Hipmi Aceh Furqan dan titipan dari Bupati Bireuen.

“Jujur saya sangat tertekan dan terpaksa melakukan ini semua, meskipun saya tahu ini menyalahi aturan,” ujar syauki.

Menurut Edi Obama, kalau masalah ini dibiarkan dan dipelihara secara terus menerus, dikhawatirkan akan merusak citra Organisasi dan para pengusaha yang bernaung dibawah bendera Hipmi ini.