Data Sementara Korban Gempa Aceh Mencapai 93 Orang Meninggal - JuangNews

Data Sementara Korban Gempa Aceh Mencapai 93 Orang Meninggal

Banda Aceh – Korban gempa 6.5 Scala Richer (SR) yang terjadi pada Rabu, (7/12/2016) pukul 05:03 WIB yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) dan Kabupaten Bireuen, Aceh sampai pukul 17:00 WIB yang berhasil dihimpun juangnews.com mencapai 93 orang meninggal dunia, serta sejumlah bangunan seperti mesjid, musala, dan rumah penduduk rusak, serta ikut merusak sarana dan prasarana umum.

Data sementara yang dirilis Pemerintah Provinsi Aceh melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) pukul 17.00 WIB, di Pidie Jaya, kerusakan berupa toko roboh, di Kecamatan. Meurudu 41 unit, Kecamatan Trienggadeng 26 unit, Kecamatan Bandar dua 20 unit, Kecamatan Bandar Baru 16 unit, Kecamatan Meurah Dua 2 unit. Total kerusakan toko dan bangunan mencapai 105 unit.

Bangunan yang ambruk (foto/hamdani)

Bangunan yang ambruk (foto/hamdani)

Sedangkan korban jiwa, di Kecamatan Trienggadeng 23 orang, Kecamatan Meureudu 20 orang, Kecamatan Ulee Glee, 36 orang, Kecamatan Lueng Putu 2 orang, di Kecamatan Meureudu, 5 orang, dan 5 orang di Trienggadeng dalam proses evakuasi. Total korban meninggal di Pijay berjumlah 91 orang.

Sedangkan korban luka 536 orang, luka berat 125 orang dan luka ringan 411 orang. Mesjid yang rusak berat 13 unit, rumah rusak berat 86 unit,

Sementara di Kabupaten Bireuen, korban meninggal dunia ada 2 orang (satu orang perempuan usia 70 tahun dan seorang lagi guru pesantren Umul Ayman, laki-laki usia 40 tahun).

Adapun korban luka-luka berjumlah 77 orang (70 orang santri, 7 orang warga). Rumah rusak berat sebanyak 30 unit.

Pantauan juangnews.com di lokasi bencana gempa tepatnya di Ule Gle, saat ini sedang dilakukan proses pencarian korban dari bangunan runtuh.

Sementara sepanjang jalan, mobil yang dikemudikan wartawan media ini terus berpapasan dengan mobil ambulance yang terus mengevakuasi korban ke rumah sakit terdekat dan ke rumah sakit kabupaten tetangga, seperti Kabupaten Bireuen dan Kabupaten Pidie. [Hamdani]

Publisher : Hamdani