Dandim Abdya: Aset Terbesar Bangsa ini Adalah Manusia - JuangNews

Dandim Abdya: Aset Terbesar Bangsa ini Adalah Manusia

Aceh Barat Daya – Pemerintah Aceh Barat Daya menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor bupati, Sabtu (2/4/2015). Dandim 0110 Abdya Letkol Inf Suhartono bertidak sebagai pembina upacara. Sementara peserta upacara terdiri dari para guru, PNS dan siswa sekolah dari berbagai tingkat pendidikan.

Suhartono meminta semua pihak mengedepankan mutu pendidikan supaya tercipta manusia Indonesia yang cerdas dan berkualitas. Sebab, kata dia, manusia Indonesia merupakan aset terbesar bangsa ini.

“Kita semua harus sadar bahwa aset terbesar Indonesia bukan tambang, gas, minyak, hutan ataupun segala macam hasil bumi. Aset terbesar bangsa ini adalah manusia Indonesia. Tanggung jawab kita sekarang adalah mengembangkan kualitas manusia Indonesia,” ujarnya.

Suhartono mengingatkan pendidikan harus menjadi hal utama. “Pendidikan merupakan pintu yang membuka wawasan dan menjadi gagasan besar dalam perjuangan kemerdekaan yang dijadikan sebagai rujukan bangsa Asia dan Afrika,” ujar Dandim.

Persinggungan dengan pendidikanlah, sambung dia, yang telah memungkinkan para perintis kemerdekaan untuk memiliki gagasan besar yang melampaui zamannya. “Gagasan dan perjuangan yang membuat masyarakat Indonesia berani mengusung ide-ide terobosan dengan ditopang pilar moral dan intelektual, dijadikan sebagai rujukan oleh bangsa-bangsa di Asia dan di Afrika untuk kemerdekaan bangsa-bangsa mereka,” ujarnya.

Oleh karena itu, Suhartono berharap semua stakeholder turut serta mewujudkan pendidikan yang berkarakter dan berkualitas. Supaya, kualitas manusia Indonesia semakin bagus. “Kita tidak boleh mengikuti jalan berpikir kaum kolonial yang hanya terfokus pada kekayaan alam tetapi melupakan soal kualitas manusia.”

Suhartono mengajak kepada semua yang hadir untuk mengembalikan semangat dan konsep Ki Hajar Dewantara yang menyatakan bahwa sekolah menjadi tempat belajar yang menyenangkan. “Sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan kebahagiaan,” ujarnya.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional itu juga turut dihadiri Kapolres Abdya, Ketua MPD Abdya, Para Asisten, dan Kepala SKPK. [Hamdani]

Foto : Peringatan Hardiknas di Aceh Barat Daya (foto/humas)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *