Aparatur Kecamatan dan Desa Harus Tahu Hukum - JuangNews

Aparatur Kecamatan dan Desa Harus Tahu Hukum

Aceh Timur – Pemahaman tentang aturan hukum sangat penting dipahami oleh seluruh aparatur kecamatan dan desa dalam Kabupaten Aceh Timur, sehingga kegiatan ini wajib dihadiri seluruh camat dalam Kabupaten Aceh Timur. Kegiatan pembinaan dan pengawasan desa, terhadap aparatur kecamatan dan aparatur desa dalam Kabupaten Aceh Timur, digelar oleh Bagian Hukum Sekdakab di Pendopo Bupati Aceh Timur, Rabu (19/10/2016).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Syafrizal, SH., M.AP, mewakili Bupati Aceh Timur Hasballah Bin M Thaib.

Syafrizal pada saat pembukaan mengatakan, pemahaman aturan hukum sangat perlu diketahui oleh seluruh aparatur kecamatan agar dapat menyampaikan kepada seluruh aparatur tingkat desa untuk dipahami, baik hukum perdata atau pidana serta aturan adat istiadat, agar dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang timbul dikalangan masyarakat dalam Kabupaten Aceh Timur.

“Ini sesuai aturan ketentuan pasal 154 PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa beserta perubahannya,” ujar Syafrizal.

Syafrizal menambahkan, selama ini ada staf kantor kecamatan yang datang ke kantor pukul 10:00 WIB, pulang pukul 11:00 WIB. Ia berharap dengan adanya tahapan pembinaan dan pengetahuan tentang aturan hukum yang digelar hari ini dapat dipahami oleh seluruh camat dan perangkatnya.

Ditambah lagi oleh Amirullah, SH yang merupakan Kasubbag Batuan Hukum dan PPNS selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyebutkan, tujuan dan sasaran dilaksanakannya Pembinaan Kesadaran Hukum Aparatur Terkait Dengan Pembinaan Pengawasan Deaa ini adalah untuk memberikan arahan dan pemahaman khususnya bagi para camat dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong.

“Sedangkan yang menjadi sasaran dari pelaksanaan Pembinaan Kesadaran Hukum Aparatur terkait dengan Pembinaan dan pengawasan desa ini agar nantinya dalam pelaksanaan tugas pembinaan dan pengawasan desa tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat menimbulkan akibat hukum, baik pidana maupun perdata,” kata Amirullah. [Muhammad/Syahrul]

Editor & Publisher : Hamdani