Amankan Natal, Ansor Kaltim Siapkan Ribuan Banser - JuangNews

Amankan Natal, Ansor Kaltim Siapkan Ribuan Banser

Samarinda-Dalam membantu pengamanan pelaksanaan ibadah Natal, Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kalimantan Timur (Kaltim)  menyiapkan sekitar lima ribu personil Banser.

Sekretaris GP Ansor Kaltim Herman A Hasan, mengaku telah menyiapkan anggota Banser di seluruh kabupaten/kota melalui cabang-cabang Ansor untuk melakukan pengamanan tempat ibadah saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2016.

“Kami siapkan Banser untuk membantu pengamanan tempat ibadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Herman A Hasan, kepada juangnews.com, Selasa, (13/12/2016).

Personil Banser tersebut, kata dia, akan ditempatkan di sejumlah gereja untuk membantu pengamanan yang dilakukan kepolisian dan TNI. Namun sebelum personil Banser diturunkan di lapangan, Herman mengatakan, Ansor Kaltim akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Tentu, kami terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak gereja dan kepolisian. Jika memang dibutuhkan, kami siap membantu melakukan pengamanan di gereja, baik sebelum Natal maupun pada saat tahun baru,” jelasnya.

Begitu pun untuk pengamanan di Kota Samarinda, Ansor akan mengerahkan 600 anggota Banser untuk membantu pengamanan disejumlah gereja. Pengamanan tempat ibadah pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2016 dilakukan sebagai bentuk kewajiban dalam menjaga keamanan.

Selain itu, pengamanan tersebut merupakan bagian rasa saling menghormati antara umat beragama terutama kepada umat Kristiani saat menjalankan ibadah. Juga agar peristiwa bom molotov yang terjadi di Gereja Oikumene beberapa waktu lalu tidak terulang. Kegiatan turut serta pengamanan ini diakui sudah menjadi tradisi Ansor Kaltim setiap tahunnya.[Hery Kuswoyo]

Editor & Publisher : Farid