Ada Isu Aksi Demo Rohingya, Rombongan Kemenpolhukam Was-was - JuangNews

Ada Isu Aksi Demo Rohingya, Rombongan Kemenpolhukam Was-was

Aceh Utara – Hasil rapat evaluasi bersama berkaitan keberadaan nasib warga Rohingya berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara, Rabu (7/10/2015), namun sayangnya pihak Kemenpolhukam dan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara belum mau memaparkan detail hasil rapat.

Sementara itu, isu warga Rohingya akan melakukan aksi demo nyaris membatalkan kunjungan rombongan Kemenpolhukam Brigjen Pol. Khairil Anwar ke Shelter penampungan pengungsi Rohingya di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur.

Namun, Sekda Aceh Utara Drs.Insha Anshari didampingi Kabag Humas Amir Hamzah menyakinkan bahwasanya tidak ada aksi demo di penampungan, pasca aksi unjuk rasa diduga karena terjadi pelecehan seksual seminggu lalu.

Brigjen Pol. Khairil Anwar, memantau langsung kondisi barak dan kehidupan warga Rohingya di penampungan, didampingi Kapolres Lhokseumawe Kombes AKBP Anang Triarsono, pihak Keimigrasiaan, IOM, UNHCR, KNSR, dan ACT.

Asisten Deputi P2MP2S (Penanganan Penyeludupan Manusia, Pengungsi dan Suaka) Brigjen Pol Khairil Anwar kepada juangnews.com, menegaskan pemerintah terus mengevaluasi keberadaan warga Rohingya khususnya di Aceh, berkaitan dugaan terjadi pelecehan seksual hingga menimbulkan kerusuhan dan warga Rohingya tinggalkan shelter, “hasil penyelidikan pihak kepolisiaan tidak terbukti terjadi pelecehan,” tegasnya.

Khairil Anwar meminta semua pihak tidak terjadi miskomunikasi dalam penanganan pengungsi Rohingya, sangat memalukan jika terekpos di media massa mengabaikan keberadaan pengungsi Rohingya. Ia juga meminta kepada warga Rohingya tetap menjaga kearifan lokal selama berada dalam penampungan. [M. Jafar Peunteut]

Editor & Publisher : Hamdani